Cara Merubah Dokumen Word Menjadi File PDF

Bukan hal yang awam lagi buat kita jika sering mengirim dokumen baik untuk pekerjaan, tugas kampus dan yang lainnya, kebanyakan adalah dokumen harus dirubah menjadi bentuk file PDF.

Dengan diubahnya kedalam file PDF, ini membuat dokumen kita sulit diedit atau dimanipulasi oleh siapapun yang ingin sengaja menggadakan dokumen tersebut untuk dijadikan hak ciptanya. Terlebih lagi jika dokumen PDF kita, kita beri watermark (tanda air) agar sulit untuk diedit kembali.

Nah kali ini, saya ingin membagikan tutorial bagaimana caranya merubah dokumen Word menjadi file PDF.

1. Lewat Microsoft Word 2010 Keatas

Jarang yang mengetahui, bahwa aplikasi Word 2010 keatas sudah bisa menyimpan dokumen dengan format PDF. Sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi mendownload aplikasi tambahan khusus untuk merubah file Word menjadi PDF. Caranya pun sangat mudah gaes, kamu hanya perlu memilih menu File>Save As (Shift+Ctrl+S) kemudian pilih direktori atau dimana kamu ingin simpan filenya. Jika sudah, pada Save As Type pilih yang format PDF, langsung SAVE.

2. Merubah Word ke PDF Via Online

Kalau dari cara diatas bisa dilakukan secara offline, cara kedua ini kamu harus menggunakan internet. Kemungkinan office yang anda gunakan masih berversi 2010 kebawah, kagak ada salahnya nyoba yang online ini. Untuk situsnya ada banyak kalau kita cari di google, tapi saya lebih menganjurkan PDF Online.

3. Lewat Aplikasi Pihak Ketiga

Ya, kalau tidak yang dua diatas ya jelas yang nomor tiga ini dong gaes. Lewat aplikasi tambahan, kita juga bisa merubah file Word menjadi PDF dengan Offline Mode. Saya merekomendasikan ini deh Word to PDF Converter. Kalau kamu download dari situs resminya, kamu hanya dikasih masa percobaan selama 14 hari alias dua minggu. Setelah dua minggu, kalian harus membeli lisensi penuhnya.

Mau coba yang mana? Silahkan dipilih sesuai selera dan yang pastinya sesuai keadaan dan situasi ya gaes. Sekian informasi yang bisa saya bagikan. Terimakasih sudah mau berkunjung!

0 komentar