Cara Mengirim Game Android Yang Memiliki Data ke Handphone Lain

Apakah kamu pecandu game? Kamu tertarik game temanmu? Namun pas kamu kirim filenya lewat ShareIt dan kamu instal di gadget mu malah minta download data terlebih dahulu? Tenang, saya berikan solusinya untukmu.

Memang, ada game yang kita gak cukup hanya download filenya dari Playstore saja. Biasanya kita akan disuruh mendownload terlebih dahulu data game nya, baru bisa dimainkan. Game ini biasanya game yang cukup bagus grafiknya atau punya banyak misi, seperti GTA: San Andreas, PES dll.

Baca juga:

Buat kamu yang punya kuota banyak, gak masalah kali ya? Namun bagi kamu yang punya kuota tipis, yang dalam pikiran kamu selesai dikirim kamu bisa langsung maini gamenya? eh malah minta download dan harus berhubungan dengan data terlebih lagi kuota. Bukannya sikit, bisa kurang lebih 200mb an juga ya sob? yah cukup menguras kocek lah hehe...



Tapi tenang, kamu gak salah masuk artikel ini. Karena saya akan memberikan tutorialnya, bagaimana game tersebut bisa dimainkan tanpa harus download datanya terlebih dahulu. Ikuti langkah-langkahnya...

Note:
  • Saya gunakan PES 2012 sebagai bahan contoh.


Langkah 1...
Pastikan kamu punya aplikasi ShareIt yaa... Jika tidak punya, bisa kemari

Langkah 2...
Kirim file gamenya ke handphone target (file yang berada pada tab aplikasi)

Langkah 3...
Setelah selesai gamenya terkirim. Jangan dulu instal gamenya. Sekarang kita cari file data nya supaya kamu gak perlu download lagi.
Tetap pada aplikasi ShareIt, pilih tab File>Penyimpanan Internal>Android>obb

Langkah 4...
Nah kamu lihat foldernya yang berbau dengan game yang ingin kamu kirim tadi. Satu contoh punya saya PES 2012, foldernya adalah "com.konami.pes2012".

Note:
  • Biasanya, foldernya itu diawali dengan kata "com" kemudian nama pembuat/vendor nya contoh diatas "konami" kemudian baru nama gamenya.

Langkah 5...
Kamu tandai folder tersebut dan berikutnya untuk mengirimnya...

Langkah 6...
Kalau sudah terkirim. Pada hape target, cari file folder tadi di Penyimpanan Internal>SHAREIt>files/folder

Langkah 7...
Kemudian pindahkan folder tersebut ke Penyimpanan Internal>Android>obb



Langkah 8...
Jika sudah, instal aplikasinya dan buka. Jika sudah benar langkah-langkahnya maka game langsung masuk kemenu.

Note:
  • Jika masih muncul download, keluarkan aplikasinya. Kemudian pindahkan folder tadi letakkan di Kartu SD (Memori Eksternal)>Android>obb
  • Tapi biasanya kebanyakan device dan game peletakannya di Memori Internal
  • Jika kamu bingung memilih folder gamenya yang mana yang hendak kamu kirim. Coba kamu instal gamenya terlebih dahulu, buka nanti akan disuruh download. Kemudian kamu keluarkan, pergi ke folder Android>obb pada internal memori atau Kartu SD. Nanti disitu bakal muncul folder baru, folder dari game tersebut. Barulah kamu cari di handphone yang sudah tersedia game tersebut dan kirim.

Sekian tutorial yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat! Jika kamu masih bingung, silahkan komentar dibawah. Saya akan memberikan solusinya se yang saya bisa.

0 komentar