Cara Mengetahui Smartphone Yang Support Kartu Smartfren 4G LTE

Jaringan 4G lagi marak-maraknya di era sekarang ini ya? Para netizen juga sedang ingin mencicipi bahkan menikmati kencangnya jaringan ini. Namun, di Indonesia jaringan 4G masih belum stabil (mungkin masih dalam pekembangan).

Dari pengalaman saya mencoba semua operator. Saya rasa, Smartfren yang masih jauh lebih baik kualitas sinyal dan kestabilannya. Yang perlu dicatat adalah: jika di area (lokasi) saya.

Baca juga:

Membuat Tugas Sekolah Sendiri di Handphone Android


Berbeda dengan operator lain yang masih mendukung jaringan 3G dan 2G. Smartfren menon-aktifkan jaringan 3G dan 2G karena berbagai alasan. Sehingga, jika kamu tidak menjangkau sinyal 4G Smartfren, maka koneksi akan langsung terputus. Tidak berpindah otomatis ke 3G maupun 2G. Jadi, pengguna Smartfren diharuskan untuk berada di daerah yang terjangkau jaringan 4G Smartfren.

Nah, karena Smartfren sudah menjadi kartu GSM. Oleh karena itu artinya, kartu ini tidak lagi hanya bisa di pakai pada smartphone buatan Smartfren saja. Melainkan sudah bisa dipakai di semua smartphone yang memiliki dukungan 4G.

Ets, tapi ternyata tidak di semua smartphone 4G loh. Lalu?
dari gambar diatas. Smartfren menggunakan jaringan di band 5 (850 Mhz) atau 2300 Mhz (band 40). Jadi, sebelum kamu membeli kartunya atau bahkan sebelum kamu membeli smartphone yang ingin menggunakan kartu smartfren, alangkah lebih baiknya kamu lihat dulu spesifikasi smartphonenya.

Caranya gampang, kamu cukup searching di google dengan keyword (kata kunci) "spesifikasi nama smartphonemu" -tanpa tanda kutip-

Contoh, saya mencari spesifikasi Redmi 5A.
gambar diatas menunjukkan, bahwa Redmi 5A support Smartfren 4G, karena spesifikasinya mendukung.

Nah, jadi bagi kamu yang ingin mengetahui sebelum membeli. Alangkah lebih baiknya di kepoin terlebih dahulu seperti cara diatas.

Oiyah, ada smartphone yang hanya mendukung di band 5 (850 Mhz) tapi tidak mendukung di band 40 (2300 Mhz), lalu itu bisa atau tidak? Menurut saya sih spertinya bisa. Hanya saja, mungkin kualitas sinyal atau speed dari internetnya kurang. Jujur, saya belum pernah mencobanya untuk kasus ini. Tapi saya berpendapat bisa.

Sekian tutorial yang bisa saya berikan. Semoga bermanfaat. Jika ada masalah, silahkan berikan komentar dibawah.

0 komentar