Mengenal Material Design

Mengenal Material Design
Apa itu Material Design? Material Design adalah bahasa desain yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2014. Google mengumumkan Material Design pada tanggal 25 Juni 2014, pada konferensi Google I/O 2014.

Material Design ini diumumkan oleh Google berketepatan dengan perilisan Android Lollipop 5.0. Antarmuka Android Lollipop menggunakan desain dengan gaya Material Design yang antarmukanya lebih simple dan elegan dibanding versi sebelumnya.

Baca juga:

Sebenarnya gaya Material Design ini sudah diterapkan oleh Google pada Android Kitkat 4.4. Hanya saja tidak secara keseluruhan. Kita hanya mendapatinya pada statusbar nya saja.

Material Design sendiri adalah desain yang mempunyai ciri khas cukup unik. Dimana rancangan nya mirip seperti lipatan kertas. Desainnya yang simple serta elegan membuat Material Design ini seperti nampak wah, dan menjadi gaya desain masa depan.

Sebelum Material Design ada, para pengembang yang berfokus pada User Interface (UI) dan User Experience (UX) lebih mengusung desain dengan bentuk 3D (tiga dimensi) dimana banyak gradient yang memiliki kesan timbul dari layar. Tetapi sejauh ini, desain seperti sudah terlihat jadul sehingga banyak ditinggalkan oleh pengembang keduanya.

Material Design bisa dibuat nyata dengan menggunakan kertas dan tinta, karena sebelum disebut nama Material Design, desain ini disebut dengan nama Quantum Paper.

Material Design ini akan banyak kita dapati pada aplikasi Google atau produk Google keseluruhannya. Bahkan tak sedikit web menggunakan gaya Material Design. Material Design hampir sama dengan Flat Design, hanya saja Material Design terkesan lebih realistis karena adanya bayangan dibanding Flat Design yang pirinsipnya tanpa bayangan.

Apa Itu Material Design

Google memang lagi serius-seriusnya dengan desain ini. Kabar-kabarnya bakal ada Material Design 2 pada tahun ini (2018). Google memberitahu bahwa Material Design 2 mulai di implementasikan pada Operating System Android P (9.0). Kita tunggu saja...

Gaya Material Design ini bisa kita buat dengan aplikasi desain seperti Adobe Illustrator, CorelDraw maupun Adobe Photoshop. Banyak kasus yang bisa kita buat menggunakan dengan gaya Material Design ini seperti pembuatan logo, banner, poster, icon dan lain-lain.
Perubahan Logo Chrome Ke Material Design

Logo Chrome diatas bisa kita lihat perbedaanya dengan sangat jelas. Kamu bisa asumsikan sendiri apa itu Material Design? Bagaimana Material Design itu? Masih kurang jelas? kunjungi ini

Semoga bermanfaat apa yang sudah saya paparkan. Terimakasih!

0 komentar